nJongE

February282013

Setelah kemarin berwisata dan memacu adrenalin di kawasan merapi

Satu lagi tempat ciamik di Gunungkidul yang sayang banget jika dilewatkan,

pernah nggak ngebayangin sama keluarga piknik di suatu tempat yang masih benar – benar kerasa banget suasana alamnya, ,

nah ada satu tempat namanya “ telaga Jonge” yang terletak di Dusun Jonge Desa Pacarejo Kecamatan Semanu.

sunres-jonge.jpg

yakin ni tempat emang bagus banget,
viewnya dikelilingi pohon – pohon besar + Udara yang benar – benar sejuk.

berdasarkan referensi dari tentang GK doT com

Telaga jonge ini dulunya muncul secara tiba – tiba, penasaran dengan beberapa cerita yang berkembang , akhirnya saya coba menyempatkan diri berbincang – bincang dengan “penjual Angkringan yang berjualan di komplek telaga jonge,

Katanya dulu ada seorang Kyai yang bernama “kyai Jonge” . Kyai Jonge berjalan seorang diri dan akhirnya sampai di sebuah hutan di Desa Pacarejo.
Masyarakat sekitar menerima kedatangan Kyai Jonge dengan senang hati karena selama menetap di Pacareja menunjukkan tingkah laku yang baik dan suka menolong kepada sesama.

Kyai Jonge adalah orang yang sakti, beliau sering menolong tetangga yang membutuhkan pertolongan.
Disamping itu beliau mempunyai keahlian dalam bidang pertanian, dengan demikian hidup masyarakat setempat menjadi makmur.

Setelah beliau berusia lanjut akhirnya Kyai Jonge dipanggil Tuhan dengan cara mukswa.
Bekas tempat tinggal Kyai Jonge berubah menjadi sebuah telaga besar penuh air yang dapat menghidupi masyarakat.

Untuk mengingat jasa beliau, kawasan tadi kemudian dinamakan dukuh Jonge, dan telaga yang menjadi sumber penghidupan masyarakat sampai sekarang dikenal sebagai Telaga Jonge.
Dan ternyata Setiap tahunnya, diadakan upacara adat bersih Telaga Jonge yang mempunyai tujuan antara lain sebagai sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas melimpahnya air telaga Jonge yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat di sekitarnya.

Nah lepas dari itu semua , tempat ini alias telaga jonge ini ternyata banyak dijadikan alterantif liburan untuk warga gunungkidul sebagai tempat rekreasi keluarga,
karena menurut pengunjung, telaga Jonge memiliki udara yang sejuk serta pemandangan yang cihuyy banget . Akses untuk menuju ke telaga jonge ini Udah bagus dari jalanya udah aspal abisss , mau pake motor atau mau bawa mobil atau bahkan jalan kaki hhehehe... pokoknya udah oke.

Kalau hari minggu banyak wisatawan menghasikan libur mereka di tempat ini bersama keluarga, dengan membawa makanan atau bahkan membawa uba rampe piknik.
Kalau kamu ingin menikmati sore yang berbeda,,
silahkan datang ke tempat ini karena tiap sore banyak muda mudi yang sekedar menghabiskan waktu dengan menikmati pemandangan alam, atau juga kamu akan menemui para Fotografer yang sedang hunting model di kawasan telaga jonge ini.

Wiss lah pokoknya Oke banget …rugi kalau nggak menyempatkan diri singgah di telaga jonge,
Gratis kok nggak bayar,.

oke bro.....

Tetep jaga kebersihan ya dan JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN...

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

35 responses to "nJongE"

GusNo Michael Sadham on 09:12 AM, 28-Feb-13

jost gandhos nganti bledhos

Ady Magica on 10:32 AM, 28-Feb-13

Wah. . Ad rjeki aq pun mau,

GusNo Michael Sadham on 10:57 AM, 28-Feb-13

@Ady Magica,
monggo mas bro

Meilany on 12:59 PM, 28-Feb-13

mampir sob ! Nyimak wae .....

GusNo Michael Sadham on 02:19 PM, 28-Feb-13

@Meilany,
yoi. .
Thanks. .

Fajarh007 on 02:47 PM, 28-Feb-13

Hadir Bro!
Hehehehehehebiggrin
SUKSES BUAT POST AND BLOGNYA BRO!biggrin
right-arrowNGGAK DIKUNBAL TAK MENGAPAleft-arrow cry

GusNo Michael Sadham on 04:42 PM, 28-Feb-13

oke. . thanks kawan. .

Kartika on 06:32 PM, 28-Feb-13

Mantaaafff,,,tu...

Aryo Robeth Elmuna on 06:42 PM, 28-Feb-13

kelihatannya keren ni telaga......D

GusNo Michael Sadham on 06:50 PM, 28-Feb-13

@Aryo Robeth Elmuna,
jost gandos pokokmen. .

Diva seluler on 06:51 PM, 28-Feb-13

mantap kang, mampir juga http://divaseluler.pun.bz

UCIHA DENDY on 08:28 PM, 28-Feb-13

Nice post gan manteb boy kunbul bae boy kalo berkenan dateng ke http://toplinks.indo.su daftar ya mas bu bro di sini jadikan blog anda no 1 di dunia daftar ya http://toplinks.indo.su good luck gan

Ridwan alawi on 08:42 PM, 28-Feb-13

kayanya bgus tu, tpi gk tau kpan kesana

GusNo Michael Sadham on 09:15 PM, 28-Feb-13

@UCIHA DENDY,
wah, ,boleh tuh di coba. .

GusNo Michael Sadham on 09:16 PM, 28-Feb-13

@Ridwan alawi,
pas liburan mas brow. .
Rame bngt. .

fabio on 10:19 PM, 28-Feb-13

kunbal 4all i q meluncur kunbal blik 100% lol

Ady Magica on 04:55 AM, 01-Mar-13

Knjungan PagI bos

GusNo Michael Sadham on 08:15 AM, 01-Mar-13

makasih kawan,

siap meluncur. .

fabio on 08:34 AM, 01-Mar-13

km pendaki pa bro biggrin kunbal i get 100% kunbal blik atw follow

PAPA REYHANZ on 08:51 AM, 01-Mar-13

Gus,apa kabar??
Maaf blm bisa comment panjang lebar,,, lagi ngopi neh gus

FIYUFA on 09:13 AM, 01-Mar-13

hadir masta

http://fiyufa.mywapblog.com/1920-evil-returns-dan-subtitle-indonesia.xhtml

pundalisa on 11:35 AM, 01-Mar-13

Puisi essai tercitra romantik. Salut..

Perempuan Melayu on 01:08 PM, 01-Mar-13

Assalamu'allaikum. Selamat siang folback sukses

Nindya JC on 01:11 PM, 01-Mar-13

telaga jonge d.daerah mna tuh no.?

Maria on 01:29 PM, 01-Mar-13

Wah kalo ktmu fotografr skalian aja jd modelnya biggrin

GusNo Michael Sadham on 01:33 PM, 01-Mar-13

@Perempuan Melayu,
walaikum salam. .
Mkasih.

GusNo Michael Sadham on 01:35 PM, 01-Mar-13

@Nindya JC,
sbelah tenggara dari kota wonosari neng. .

GusNo Michael Sadham on 01:37 PM, 01-Mar-13

@Maria,
siip. .nnti tak jepret pke kamera q. . axixixi. .

GusNo Michael Sadham on 01:39 PM, 01-Mar-13

@FIYUFA,
thank bro!!

Babar O'on on 02:19 PM, 01-Mar-13

Kunjungan perdana sob, slam knal ya. CSSnya Gelap amat ane rasa kurang resari sama topik bahasan blognya. Maaf kalau lancang...
Kunbal ya...

GusNo Michael Sadham on 02:41 PM, 01-Mar-13

siap brow. .
Mksih saran nya. .

SHeru Nugroho on 05:03 PM, 01-Mar-13

Wew, pengen kesana sob jka brkenan ane diajak ksana donk hehesmile

GusNo Michael Sadham on 05:19 PM, 01-Mar-13

@SHeru Nugroho,
kmarin ksana cuman pas libur sob. . .
Skarang dah bnyk krjaan lg...hehe. . .

Redog on 04:55 PM, 05-Mar-13

Tgl 19. .neng ngndi apix e. ? ?
au bli ki. .

GusNo Michael Sadham on 05:58 PM, 05-Mar-13

sesuai dngan artikel,
nyang njonge wae. . .

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

 
Back to top